Sunday, July 7, 2013

Last Friends (Jdrama)

Last Friends adalah drama Jepang yang mengangkat tema yang cukup berat dan bahkan agak kontroversial, yakni tentang Domestic Violence, Sexual abuse, Broken Home Family, and forbidden love. Dalam hal ini, lesbian. Meskipun begitu, Last Friends berhasil membahas berbagai subjek sensitif secara transparan, dengan kata lain, kita benar-benar harus berpikir atau minimal paham atau pernah bersentuhan dengan beberapa problem sensitif yang diangkat untuk mengerti jalan ceritanya. 

The Story
Kisah ini berputar tentang persahabatan, dimana setiap tokohnya memiliki masalah psikologi dan latar belakang yang berbeda-beda. 

Michiru Aida (Masami Nagasawa), gadis cantik dan feminin yang bekerja di salon kecantikan, namun di tempat kerjanya, ia di-bully oleh seniornya atas dasar persaingan. Michiru terlalu lemah untuk melawan. Di rumah, Ibu Michiru cuma bisa mabuk-mabukan dan membawa pulang seorang pria asing. Ayah dan Ibunya bercerai saat Michiru masih sekolah akibat Domestic Violence, sang suami sering memukuli Ibunya. Dalam segala kegelapan dan masalah hidupnya itu, Michiru masih memiliki satu sumber kebahagiaan, yaitu kekasihnya, Sousuke Oikawa (Ryo Nishikido)

Ruka Kishimoto (Juri Ueno), kebalikan dari Michiru, adalah gadis tomboy yang bisa melindungi dirinya sendiri. Ruka adalah motocross racer handal. Berbeda dengan Michiru, Ruka berasal dari keluarga yang hangat dan senantiasa mendukungnya. Penampilannya seperti laki-laki, dan Ruka benci ketika ia diremehkan atau diingatkan tentang gendernya sebagai wanita. Ruka memilih fokus pada olahraga motocross untuk membuktikan bahwa perempuan juga bisa sekuat laki-laki. Michiru dan Ruka memiliki persahabatan yang begitu dalam. Tanpa sepengetahuan Michiru, Ruka sebenarnya memiliki perasaan yang jauh lebih dalam dari sekedar persahabatan terhadap Michiru, namun tentu saja hal itu hanya bisa menjadi rahasia. 


Takeru Mizushima (Eita),  seorang pria tampan yang bekerja sebagai hairstylist dan make up artist juga Bartender. Takeru merasakan ketertarikan yang unik begitu bertemu Ruka. Mereka memiliki banyak kemiripan dan entah bagaimana, Takeru selalu bisa mengerti isi hati Ruka. Takeru, seperti Ruka, menyimpan sebuah rahasia yang mendalam. Ia memiliki trauma terhadap perempuan dan sentuhan mereka karena ia mengalami tindakan sexual abuse yang dilakukan oleh tak lain kakak perempuannnya sendiri ketika ia kecil. Hal ini membuat Takeru membenci dan ingin kabur dari kakaknya, hingga akhirnya Takeru memutuskan untuk pindah ke Share House bersama Ruka dan Eri.

Eri Takigawa (Asami Mizukawa) adalah sahabat sekaligus teman serumah Ruka di sebuah Share House. Eri bekerja sebagai pramugari pesawat, sangat periang dan selalu menghidupkan suasana. Tipikal wanita sukses yang bebas. Eri memiliki hubungan spesial yang tidak jelas dengan teman sekantornya Tomohiko Ogura yang kemudian tinggal bersama mereka di Share House. Hubungan mereka tidak jelas karena Ogurin masih memiliki Isteri, sedangkan isterinya berselingkuh dengan orang lain dan ia tidak berani meminta cerai. Eri menjadi pelindung dan tempat pelariannya.

Suatu hari, Sousuke mengajak Michiru tinggal bersamanya di apartemen pribadinya. Sousuke adalah pegawai negara yang bekerja di Divisi Pengawasan Anak-Anak (atau semacamnya). Tipikal pria baik-baik idaman wanita. Michiru merasa bahwa Sousuke mirip dengannya karena Sousuke juga ditinggal Ibunya saat ia masih di sekolah dasar dan sejak itu, Sousuke tidak memiliki keluarga tetap. Karena tidak ingin terjebak bersama Ibunya yang cuma hanya bisa mabuk-mabukan dan membawa pulang pria ke rumah, Michiru pun setuju untuk tinggal bersama Sousuke demi meraih kebahagiannya. 


Kebahagiaan yang diharapkan Michiru tidak bertahan lama karena begitu ia mulai tinggal bersama Sousuke, sifat aslinya muncul. Berawal dari sebuah email dari Ruka, Sousuke berubah menjadi pencemburu dan menduga bahwa Ruka adalah laki-laki simpanan Michiru. Ketika Michiru tidak bisa membuktikan bahwa Ruka adalah perempuan karena handphone-nya tidak aktif, Sousuke mulai melakukan kekerasan seperti memecahkan meja dan memukulnya. Bahkan setelah tau bahwa Ruka adalah perempuan pun, Sousuke tetap merasa bahwa Ruka adalah ancaman bagi hubungannya. Ia bisa melihat sesuatu dalam diri Ruka yang tidak dilihat oleh Michiru, karena itu ia melarang Michiru untuk berhubungan dengannya. Semakin hari, Sousuke semakin menakutkan Michiru dengan kecemburuan dan sifat posesifnya, tapi di atas semua itu adalah tindak kekerasannya terhadap Michiru yang membuatnya akhirnya memutuskan kabur dan memohon perlindungan dari Ruka.

Love Triangle in an odd way
Ruka begitu protektif terhadap Michiru. Teman-temannya di Share House, Takeru, Eri, dan Ogurin pun juga berusaha melindungi Michiru dari Sousuke. Takeru melindungi Michiru dengan sepenuh hatinya karena ia ingin melindungi Ruka dan menjaga senyumannya. Awalnya Michiru senang karena bisa tinggal bersama teman-teman barunya di Share House, tapi Sousuke tidak membiarkan hal itu bertahan lama. Sousuke menghabiskan malam di tengah hujan hingga pagi demi menunggu Michiru dan membuatnya luluh dan bahkan bersedia merawat Sousuke yang akhirnya jatuh sakit. Ketika Michiru memulai kehidupannya yang lebih baik di Share House, Sousuke mengatakan padanya bahwa ia lebih baik mati daripada hidup tanpa Michiru. Michiru pun memutuskan untuk kembali padanya. Hal ini membuat Ruka kesal karena setelah semua yang ia dan teman-temannya lakukan untuk melindunginya, Michiru malah kembali lagi pada kekasihnya yang psikopat. Beberapa waktu setelah kepergian Michiru dari Share House, Takeru mampir ke apartemen Sousuke demi melihat keadaan Michiru dan menemukannya dalam keadaan depresi parah dan penuh luka. Michiru tak lagi bisa membedakan kehidupannya dan segala yang dilakukannya adalah untuk Sousuke, namun jelas bahwa kebahagiannya hilang. Tanpa pikir panjang, Takeru segera menariknya kembali ke Share House. 

We're like domino. I fall for you, you fall for someone else
Di sisi lain, Ruka menderita karena menyembunyikan dirinya yang sebenarnya dari orang-orang terdekatnya karena tak ingin menyakitnya. Menurut Psikiater, Ruka memerlukan paling tidak satu orang untuk terbuka tentang dirinya, dan tentu saja orang itu bukan Michiru. Ruka memutuskan untuk mengungkapkan kebenaran tentang dirinya pada Takeru. Mereka telah menjadi sahabat yang selalu bisa mengerti satu sama lain, dan bahkan Takeru selalu lebih peka dari Michiru mengenai Ruka. Tapi, ketika Ruka hendak memberitahu Takeru, Takeru justru menyatakan bahwa ia jatuh cinta pada Ruka. Akhirnya Ruka memutuskan untuk keluar dari Share House tanpa memberitahukan rahasianya pada siapapun. Ruka takut tidak ada seorangpun yang akan menerimanya. Ia tidak ingin diterima sebagai perempuan ataupun laki-laki, melainkan sebagai manusia dengan segala kurang dan lebih yang ia miliki. Jika tetap berada di Share House bersama Michiru, ia hanya bisa terus menahan perasaannya, dan ia tak ingin menodai perasaan Takeru jika ia tahu siapa Ruka sebenarnya. Sementara Michiru mulai menyukai Takeru yang terus bersikap baik dan protektif terhadapnya, Sousuke mulai menyakiti orang-orang yang dianggapnya telah mengambil Michiru darinya.


I rated it 90 out of 100. This drama is so intense and heartbreaking. I got scared but the story kept me watching because I was curious about how the story goes in the next episode. Berawal dari rasa penasaran sama aktingnya Ryo Nishikido yang berperan sebagai psychopath, I decided to give this drama a try. I'm a big fan of him as an actor. He's brilliant in portraying good, protagonist roles, so to see him act as antagonist is interesting. I got mixed feelings when I watched it, I can't hate Sousuke's character because no matter how abusive and scary he can be, he still acts fatherly towards kids in this drama. And that farewell letter he gave in the last episode.......... It was too good and I was like, no, don't die!!!! Oh well, it's been a while since I cried this much for the drama. Haha... this one is recommended! :)

0 komentar:

Post a Comment

There was an error in this gadget