Thursday, November 11, 2010

Day #27 GOKUSEN (dorama)


Hey, Guys...
You see the pic I put on the top? That's Gokusen's dorama. :D

Dorama ini udah agak lama sebenarnya, dan ada tiga bagian. Diangkat dari manga Jepang berjudul sama. Tapi saya baru nonton yg pertama dan nontonnya pun karena alasan Mabit Nurul Fikri. Jadi, semua calon pengajar Mabit diharuskan nonton film ini bersama waktu pelatihan beberapa bulan yg lalu. Tipikal dorama Jepang, episodenya hanya sedikit (12 episode) tapi setiap episodenya penuh dengan makna dan nggak membosankan. Dipenuhi lawakan kocak tipikal Jepang yang entah kenapa selalu enak untuk ditangkap dan mudah dimengerti, tapi cerdas.

Dorama ini bercerita tentang seorang wanita muda berusia 23 thn bernama Kumiko Yamaguchi (Yukie Nakama), yang belakangan lebih akrab dipanggil Yankumi. Yankumi adalah nickname yang diberikan murid-murid pertamanya, yaitu murid kelas 3-D, karena mereka tidak mau memanggil Yankumi dengan Yamaguchi sensei dengan alasan meremehkannya sebagai guru baru di SMA Laki-Laki, Shirokin. Yankumi, secara penampilan terlihat cupu, polos, dan lemah, mendapat kesempatan menjadi wali kelas 3-D. Kelas berisi manusia super rusuh yang bahkan nilainya dibawah rata-rata, namun ikatan pertemanannya begitu kuat. Mereka selalu berbuat onar serta melawan guru. Mereka tidak percaya dengan guru sama sekali, mungkin karena guru-guru juga menunjukkan perbedaan sikap terhadap mereka dan menyebut mereka sampah.

Kelas ini dipimpin oleh Shin Sawada (Jun Matsumoto). Pemuda tenang, pendiam, misterius dan paling cerdas di sekolah. Ada kisah tersendiri kenapa Shin bisa masuk di kelas terbelakang di SMA ini. Yang pasti, anak-anak kelas 3-D tidak menyukai kehadiran Yankumi dan berniat membully guru manis tersebut. Mereka tidak tahu, kalau mereka berurusan dengan seseorang yang lain. Yankumi yang terlihat polos dan lemah, sebenarnya adalah cucu tunggal perempuan di sebuah keluarga Yakuza, yakni keluarga Oedo. Dia adalah generasi ke-4 calon pemimpin Yakuza, jika saja dia tidak lebih memilih menjadi guru. Wanita ini jago bertarung dan bahkan lebih kuat dari laki-laki biasa. Namun, identitasnya ini dirahasiakan supaya Yankumi tidak kehilangan pekerjaannya sebagai guru.


Lucu, melihat cara Yankumi mengatasi permasalahan murid-muridnya setiap hari. Anak-anak kelas 3-D awalnya menganggap Yankumi sama seperti guru lainnya, yang hanya bisa menyalahkan murid dan selalu membeda-bedakan mereka. Butuh perjuangan keras untuk Yankumi mendapat kepercayaan dari murid-muridnya. Terutama dari Shin. Pemuda kalem ini mengetahui rahasia Yankumi karena sejak awal kedatangannya, Shin sudah merasakan bahwa guru wanita ini berbeda dari guru lain. Dan Shin pun menaruh perhatian khusus terhadap Yankumi.

Sosok Yankumi adalah sosok guru yang absurd tapi luar biasa. Di beberapa adegan digambarkan berbagai pengorbanannya untuk murid-murid kelasnya, dan bagaimana ia selalu memperjuangkan muridnya agar mendapat kepercayaan dari guru-guru di SMA Shirokin. Yankumi juga selalu bergabung dengan murid-muridnya dalam berbagai kegiatan (baik hal itu benar atau salah -_-"). 


Beberapa kata-kata Yankumi yang sangat menginspirasi dan menjadi tersemangati dan tahu apa-apa saja yang harus dilakukan.

"I shouldn't call myself a teacher if I can't protect my students..." 

“Humans are creatures that can’t do anything by themselves. Don’t abandon your friend! Who cares if you get beaten up and get all worn out?!” (Yankumi, ep. 2)

"For a man, a time will come when you will have to fight to protect something. When that time comes, how much you can do will determine your worth. The basic form of fighting is one-on-one bare-handed. Don’t mix that with cowardly violence. Fighting is done with a passion to protect something dear to you.” (Yankumi, ep.5)

"You guys listen carefully. You guys may not be good academically, but you guys have the most important thing as human beings. Right here. *points to her heart* So go live your life with pride, confidence, and dignity.” (Yankumi, ep. 12)

Dan banyak lagi pernyataan Yankumi yang sangat mengena di hati. Perlahan tapi pasti, ia mencairkan hati-hati muridnya yang keras seperti batu. Ah, dorama ini recommended banget untuk ditonton semua yg ingin menjadi guru. Atau untuk memahami karakter orang-orang juga bisa. Setiap episodenya membawa tawa dan tangis serta pelajaran berharga. Ahh... How I love Japanese dorama. :D


NB: Gokusen : Gokudo no Sensei : Gangster Teacher :D

0 komentar:

Post a Comment

There was an error in this gadget