Thursday, October 7, 2010

Day #12 Judge A Book by Its Cover


Judge a book by its cover. Nilailah buku dari sampulnya.

Katanya, buku yg bagus, pasti terlihat dari sampulnya yg menarik. Kata-kata ini, juga dimaksudkan untuk manusia. Yang gue tangkep dari pernyataan ini (secara sok tau), berarti kita harus menilai seseorang dari penampilan luarnya. Yah, memang benar sih. Penampilan seseorang biasanya mencerminkan kepribadiannya. Tapi, sebenarnya, gue nggak terlalu setuju dgn pernyataan ini.

Oke, tanpa ada niat menggurui atau sebagainya karena gue tahu ilmu gue cetek, tapi gue hanya mau berbagi pendapat aja. 

Menurut gue, menilai sesuatu hanya dari luarnya, seperti cara kita menilai buku dari sampulnya, bukanlah hal yg baik. Karena pada kenyataannya, kita belum tahu apa yg sebenarnya ada di dalam diri seseorang ini bukan? Sebenarnya, dulu gue juga menilai sesuatu dari penampilan luarnya kok. Hanya mendengar cerita dari orang lain tentang keburukan seseorang, gue langsung ikut terpengaruh men-judge seseorang itu buruk. Tapi, seiring dengan gue berkembang dan bertemu banyak orang-orang baru, gue jadi tahu kalau manusia itu sebenarnya penuh dgn bermacam karakter.

Belum tentu orang yg penampilannya rapi dan tertutup, pendiam, ramah, santun kata-katanya, adalah orang baik. Nyatanya, kita menemukan sejauh ini bahwa teroris-teroris di negeri kita berpenampilan seperti itu kan? Dan, belum tentu juga orang yg penampilannya semrawutan, adalah orang yg nggak punya otak atau preman. Bisa saja mereka sesungguhnya seniman yg membebaskan ekspresi mereka. Nggak ada yg tahu kan? Contoh lainnya yg merupakan pengalaman pribadi gue. Gue kenal seseorang yg kalau kita melihat penampilannya, maka kita pasti akan langsung berpikir negatif tentang orang ini. Dan gue pun sempat berpikir begitu tentang dia. Tapi, lalu gue jadi kenal dia lebih dekat dan memahami sifatnya. Dan ternyata, dia nggak seburuk itu. Malah, gue dibuat kagum dengan beberapa sifatnya :)

Yah, intinya sih, gue cuma mau bilang. Mungkin menilai sesuatu dari penampilannya itu ada benarnya juga, tapi kita juga harus melihat dari berbagai sisi dan nggak hanya dari sebuah cover. Karena bisa aja kan, sebuah buku yg sebenarnya amat sangat bagus, justru tersasar di penerbitan yg sangat minim biaya karena penulisnya kurang percaya diri untuk memamerkannya kepada dunia, atau karena si penulis memang hanya menginginkan hal yg sederhana, sehingga bukunya hanya bisa dibuatkan sampul yg dananya sesuai dengan perusahaan :p

Bahkan, buku Ramuan usang dan sudah terkena muntahan yg ditemukan Harry Potter di sekolahnya aja, ternyata berisi sesuatu yg luar biasa berguna dan bermanfaat, 'hehehehe'.

Well, you got my point, do you? 
Oke. Segitu aja. Gue hanya ingin sharing pendapat. Gue juga mengerti dgn pendapat 'judge a book by its cover' tapi yah, kita tetap harus berpikir dari berbagai sisi kan. Karena sesungguhnya, setiap hal pasti memiliki sisi positif dan negatif. Tinggal kita aja yg memilih, kita mau lebih melihat sisi yg mana ;)

0 komentar:

Post a Comment

There was an error in this gadget