Tuesday, October 5, 2010

Day #10 GURU

Salah satu karakter Guru. Bu Muslimah di Laskar Pelangi
Menurutku, menjadi seorang guru adalah sesuatu yg luar biasa. Luar biasa. Bagaimana tidak? Guru adalah seseorang yg mengajarkan kita ilmu baru. Dan jika ilmu yg mereka ajarkan dapat kita gunakan dengan baik, meski sekecil apapun ilmu itu, maka pahala seorang guru itu akan mengalir terus tanpa henti hanya karena satu ilmu yg diajarkannya. Dan kita semua tahu, bahwa Guru tak pernah mengajarkan kita hanya satu ilmu saja.

Sayangnya, di masa ini, tak semua orang bisa menghargai Guru. Bahkan, sebagian besar mereka lebih sering mengina dan menganggap enteng guru-guru itu. Menganggap mereka tidak penting. Bersikap sombong dan merasa bahwa ilmu yg mereka ajarkan itu tidak berguna. Aku pun, secara jujur, pernah melakukan hal seperti itu. Merasa kesal karena tugas yg terlalu banyak, dan tak ingin dinasehati. Ckckck... dasar anak muda jaman sekarang *melirik diri sendiri* Untungnya, hanya sebatas itu saja. Aku berusaha untuk selalu menghargai mereka dan tak pernah melawan. Meski sesekali melanggar atura-aturannya juga sih *cuma sedikit*.

Memang, menjadi Guru adalah sesuatu yg luar biasa. Tapi, sayangnya, tak semua orang bisa menjadi Guru yang sebenarnya. Dan mungkin itu jugalah menyebabkan anak-anak jaman sekarang merasa malas untuk menghargai mereka. Yang kita lihat di televisi, bukanlah prestasi-prestasi guru-guru itu, melainkan berita buruk tentang mereka. Seperti guru yg melecehkan anak muridnya, guru yg berbuat kasar pada anak didiknya, guru yg korupsi uang sekolah, dan berbagai berita sejenis lainnya. Maka otak-otak anak muda yg masih labil itu jadi mudah terpengaruh dan berpikir bahwa Guru itu bukan hal yang baik.

Bu Muslimah yg asli mendapat penghargaan dari SBY
Tapi, bukan berarti kita menganggap bahwa semua Guru seperti itu. Kita harus melihat dan menilai mereka dari hati juga. Hanya karena seorang Guru membentak kita, lalu kita marah dan menganggapnya jahat. Padahal, mungkin saja semua itu adalah kesalahan kita yg tak kita sadari atau terlalu gengsi untuk mengakui. Mengenai Guru yg memukul muridnya, lalu kita secara emosi langsung melaporkannya kepada media demi harga diri. Coba kita lihat ke diri sendiri. Mungkin ada kesalahan kita yg sangat keterlaluan sehingga membuat Guru itu lepas kendali. Bagaimanapun, Guru itu manusia juga dan ingin dihargai serta punya batas kesabaran. Kecuali Guru itu selalu melakukan kesalahan yg sama setiap saat, barulah kita boleh melaporkannya.

Lalu, bagaimana sebenarnya Guru yg sebenarnya itu?

Haha, aku tak mau sok tau juga, karena aku belum pernah menjadi Guru dan ilmuku belum cukup luas mengenai itu. Tapi melihat dari beberapa pengalamanku, Guru yg baik, menurutku adalah mereka yg bisa mengajarkan kita tanpa pamrih. Mereka yg menyayangi murid-muridnya dgn hati dan bersikap selayaknya orang tua yg sebenarnya kepada murid-muridnya saat mereka harus bersikap seperti itu, dan bukannya karena tuntutan pekerjaan. Guru yg baik adalah mereka yg bisa berteman dengan murid-muridnya tanpa membeda-bedakan. Guru yg baik adalah mereka yg mau membagi ilmu mereka sekecil apapun, dalam kondisi seperti apapun, dengan ikhlas. Guru yg baik, adalah mereka yg bisa selalu mempercayai murid-muridnya dalam keadaan apapun. Guru yg baik, adalah mereka yg bisa membangkitkan semangat dan kepercayaan diri kepada anak-anak didiknya. Guru yg baik, adalah mereka yg bisa melindungi murid-muridnya dalam keadaan apapun. Dan terakhir, Guru yg baik adalah mereka yg tak hanya mengajarkan teori, melainkan juga mengenai nilai-nilai kehidupan. 

Nah, selamat Hari Guru :D

4 komentar:

HenMa said...

selamat datang di dunia perguruan

denisaroseno said...

Haha terimakasih kak Hen. Btw, you're one of that good teacher lho :D

HenMa said...

im not teacher, im just a kid -simple plan-

denisaroseno said...

Haha you are a teacher. You teach a lots of people about a lots of things but you didn't realize that. Cool, right! :D

Post a Comment

There was an error in this gadget