Saturday, September 25, 2010

Day #4 Mulai dari Hal Sederhana

"Don't you know that you have the power to change the world? They said you're just a kid. They said you're weak. I said wrong. You do have the power to change the world, because you have friends.." 
-Miley Cyrus-

Hey. Kita slamatkan bumi sama-sama yuk! 

Kita semua tahu kan, kalau pemanasan global sudah menyebabkan bumi kita tercinta ini sakit. Dan semua itu juga gara-gara kita yang nggak pernah bersyukur diberikan tempat seindah bumi untuk dijadikan tempat tinggal. Kita nggak sadar, kita lupa, kalau bumi juga perlu perhatian. Selama ini, bumi sudah memberikan kita berbagai kebutuhan hidup, tapi dengan cueknya kita membakar hutannya, menodai sungainya, mengotori langitnya, dan banyak hal lain yg telah kita lakukan sehingga sekarang bumi menjadi tak seindah dulu. Bencana alam dimana-mana. Perubahan cuaca yang tidak normal, dan banyak lagi hal yang menunjukkan kalau bumi itu marah. Saatnya kita untuk meminta maaf dan memberi perhatian lebih kepada si Bumi supaya cepat sembuh. Kita pasti bisa kok asal bersama :)

Kalau kita tak bisa melakukan hal besar sekaligus untuk menolong bumi tercinta, maka mulailah dari hal yg sangat sederhana;

1. Jangan menggunakan listrik untuk penerangan atau peralatan kecuali jika anda benar-bnar sedang menggunakannya, jika tidak menggunakannya matikanlah. Mudah kan. Masa nyabut kabel aja nggak bisa :p

2. Tanamlah tanaman sebanyak mungin di kebun anda untuk mengurangi karbondioksida. Sudah terlalu banyak hutan yang dibakar karena keserakahan manusia, pohon ditebang demi jalan-jalan. Ayo, kita tumbuhkan lagi pohon-pohon besar itu. Satu daun saja sudah mengandung oksigen lho. Bayangkan kalau satu pohon, ada seribu daun. Lalu seribu pohon, ada berapa daun tuh? Berapa banyak oksigen yg bisa dihasilkan untuk mengurangi karbondioksida? :D

3. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan membuang sesuatu yang dapat di daur ulang, seperti kaleng aluminium dan kertas. Simpan dan berikan pemulung untuk dijual kembali. Nah, ini penting banget nih. Apa susahnya sih sekedar menahan diri untuk nggak membuang sampah sembarangan? Kenapa pada suka banget buang sampah di got atau sungai? Bikin mampet dan banjir. Nanti kalau banjir yg rugi siapa? Anda sendiri kan. Ingat, hampir semua sampah bisa didaur ulang. Tapi nggak mungkin kita menyerahkan semua pekerjaan itu ke pemulung. Kita sebagai sesama warga bumi, harus membantu. Mudah kan, tinggal membuang sampah ke tempatnya saja. Kalau kamu bilang hal ini sulit, kamu cupu.

4. Bawalah tas anda sendiri jika hendak berbelanja yang terbuat dari kain atau kanvas untuk mengurangi produk plastik. Kalau nggak begitu, makan akan banyak banget plastik yang terbuang sia-sia. Masa benda sekecil deodoran aja harus diplastikin? Rugi banget. Mending ditaruh tas deh. Begitu juga dengan belanjaan-belanjaan lainnya.

5. Jangan berlebihan dalam berkendaraan. Mentang-mentang satu rumah ada lima anggota keluarga. Lalu punya lima mobil. Lalu setiap hari semua mobilnya keluar. Please, deh, jangan terlalu manja. Memang nggak nyaman kalau harus ke kantor atau ke kampus (atau kemana kek) tanpa kendaraan sendiri. Tapi lebih nggak nyaman lagi kalau bumi kita rusak gara-gara banyaknya polusi udara yg dikeluarkan kendaraan-kendaraan ini. Sudah ada busway, taksi, bus dimana-mana. Kalau nggak darurat, lebih baik menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi kemacetan, sekaligus berbagi rezeki dengan para angkutan umum. Bumi selamat. Dapat pahala pula. Double points. Atau biar sehat sekalian, naik sepeda. Sekalian olahraga, sekalian menyelamatkan bumi :D

Nah, hal-hal di atas adalah hal-hal paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. Kalau kita melakukannya bersama-sama, maka hal sederhana itu bisa menimbulkan pertolongan besar. Nggak sulit bukan. Oke, kalau mau tahu cara-cara lainnya, bisa lihat di link ini saja ya, Gan http://learningrevolution.wordpress.com/2008/04/20/save-our-planet-75-cara-menyelamatkan-bumi/

Ayo, kita selamatkan bumi. Ajak temanmu juga :)

0 komentar:

Post a Comment

There was an error in this gadget